Dadang Ikhwan Sukmana, Ketua Umum HIPOCI

Hubungan antar sesama masyarakat di kampung saya tidak terlepas dari sektor pertanian. ada hubungan social, ada hubungan agama, hubungan ekonomi bahkan sampai hubungan politik pun sangat erat kaitannya dengan sektor pertanian. Tentunya hubungan ini dikarenakan mayoritas profesi masyarakat di kampung saya adalah petani. Akan tetapi profesi petani ini belum dirasakan cukup untuk memenuhi semua kebutuhan para petani.

Sedikit sekali petani yang benar -benar memiliki lahan sawah milik pribadi, rata -rata hamparan sawah yang luas merupakan milik segelintir orang saja, karena mayoritas petani hanya sebagai “buruh tani” maka tidak heran kehidupan petani jauh dari kata sejahtera.

Demikian sedikit gambaran yang bisa saya uraikan tentang “petani”. Itu merupakan gambaran kehidupan petani sekitar 5 tahun ke belakang, lain halnya dengan sekarang setelah hadirnya PT. Tirta Investama (AQUA) yang telah ikut memikirkan dan membantu dalam mengembangkan sektor pertanian di daerah saya dan saya di amanahkan oleh masyarakat dan pe rusahaan tersebut untuk menjadi ketua umum dalam lembaga pertanian yaitu Himpunan Petani Organik Cianjur Indonesia (HIPOCI). Saya, pengurus HIPOCI, dan petani telah banyak mendapatkan manfaat dari bantuan perusahaan tersebut, kami di ajarkan mengolah dan mengelola pertanian terpadu yang baik dan benar yang pengelolaannya secara ramah lingkungan dan organik sehingga masyarakat kami mempunyai jaminan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih sehat, kami di ajarkan mengelola manajemen lembaga supaya lembaga pertanian kami tetap terarah, kami diajarkan mengelola keuangan melalui koperasi supaya kami bisa menentukan bahwa usaha di sektor pertanian merupakan usaha yang menguntungkan dan bisa mencukupi sandang pangan kami. Dalam prasasti HIPOCI kami berjanji untuk tet ap memajukan dan mengembangkan sektor pertanian organic terpadu. HIPOCI Sukses Berkah !!!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + 10 =