produk-irtProgram IFS selain bergerak pada kegiatan on farm pertaniannya juga mengembangkan kegiatan berbasis pengembangan ekonomi masyarakat yaitu pengembangan produk industri rumah tangga. Pengembangan produk industri rumah tangga ini mengambil strategi merangkul produk-produk industri rumah tangga yang ada di lingkungan program untuk di lakukan pendampingan dan pembinaan sehingga lebih berkembang.

Ada dua kelompok usaha industri rumah tangga yang dilakukan proses pendampingan dalam program ini, yaitu kelompok usaha industri manisan sayur dan kelompok usaha industri Kue Ali. Kedua kelompok usaha industri rumah tangga tersebut berada di Desa Gekbrong. Anggota dari kelompok industri rumah tangga tersebut adalah ibu-ibu anggota Himpunan Wanita Tani binaan dari Program IFS.

Kelompok usaha manisan sayur memiliki anggota sebanyak 15 orang dan di tahun 2015 ini memproduksi dan memasarkan manisan sayur rata-rata sebanyak 4.500 kilogram per bulan. Manisan sayur dengan nama “SOVI” atau kepanjangan dari Sweet Original Vegetable Indonesia, memiliki omset usaha bulanaan Rp 26,25 juta setiap bulannya. Kelompok usaha industri rumah tangga Kue Ali dengan merek dagang “Kue Ali Wa Eji”, memproduksi rata-rata 14.000 potong kue per bulannyadan dengan omset Rp 4,8 juta setiap bulannya. Secara ringkas perkembangan kelompok pengembangan usaha industri rumah tangga disajikan dalam tabel berikut:

program-irt